Recents in Beach

Recent in Sports

3/Sports/post-list

Sistem Telekomunikasi Kereta Api


Hai sobat Pen, balik lagi di blog BahasakuTulis.
kali ini masih hangat, tentang komunikasi. Tapi mohon maaf jika dalam penyampaian saya nanti mungkin ada kurangnya, karena saya juga dalam tahap belajar sistem telekomunikasi Kereta Api. So, give your comments here guys.


Sistem Telekomunikasi Kereta Api

mari kita mulai dari dasar terlebih dahulu.
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan "telekomunikasi" bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
  • Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Pager, televisi, dan radio.
  • Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon dan VOIP.
  • Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.
(sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi)


seperti yang telah dijelaskan diatas, komunikasi kereta api juga memiliki ketiga metode komunikasi tersebut. Tapi tidak semuanya digunakan. Metode komunikasi kereta api yang saat ini sering digunakan yaitu Duplex dan Half Duplex. Tentunya dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Mari kita simak di bawah ini:


1.  Komunikasi Satu Arah
Komunikasi satu arah pada kereta api biasanya sering digunakan hanya untuk announcement kepada penumpang di stasiun. Namun, TOKA juga dapat digunakan untuk komunikasi dua arah bergantian. Namun, jenis TOKA yang digunakan berbeda.

gambar 1. TOKA
jangan salah yaa. Gambarnya yang mikrofon panjang sebelah kiri :D

2.  Komunikasi Dua Arah Bergantian
  • Walkie Talkie/Handy Talkie
seperti yang kita tau, walkie talkie adalah perangkat komunikasi yang menggunakan radio sebagai jalur transmisi data. walkie talkie digunakan sebagai salah satu alat komunikasi kereta api karena alat ini mudah untuk dibawa kemanapun. Khususnya bagi penilik jalan rel dan perawat persinyalan di jalur lintas maupun di stasiun. walkie talkie digunakan untuk komunikasi dalam rangka koordinasi antara penilik jalan rel/perawat persinyalan dengan petugas PPKA di stasiun. koordinasi ini dimaksudkan agar keamanan perjalanan kereta api dan keamanan penilik jalur/perawat sinyal tetap terjaga. selain itu, khususnya bagi para perawat sinyal elektrik, mereka harus berkoordinasi dengan petugas PPKA untuk mengetahui kinerja motor wesel yang sedang mereka rawat. Karena pada hakikatnya, motor wesel hanya bisa dikendalikan dari pusat ketika dalam kondisi normal/tidak ada gangguan. Namun jika terjadi gangguan, maka koordinasi dengan PPKA terkait pen-TWT-an rute yang terganggu dengan cara meng-engkol motor wesel perlu dilakukan. Alhasil, walkie talkie adalah perangkat komunikasi yang paling sering digunakan untuk perawatan hingga saat ini.
gambar 2. Walkie Talkie

  • Radio rig
kalian sudah tau radio rig? radio rig adalah alat komunikasi half duplex selain walkie talkie. radio rig bisa digunakan sebagai base station (radio fix) maupun sebagai alat komunikasi mobile station (bisa dibawa). perbedaannya dengan walkie talkie yang paling mencolok adalah dari bentuk fisik. walkie talkie hanya berukuran segenggam tangan, sedangkan radio rig lebih besar. Radio rig juga memiliki fuse yang berfungsi sebagai pengaman jika terjadi sambaran petir maupun dari hasil hubung singkat arus listrik. Jangkauan dari radio rig juga lebih luas jika dibandingkan dengan walkie talkie. Walkie talkie hanya memiliki antena kecil diatasnya, sedangkan radio rig dapat menggunakan berbagai macam jenis antena, dan tentunya lebih besar dari antena walkie talkie.

gambar 3. Radio RIG

  • Radio Lokomotif
radio lokomotif adalah salah satu lagi jenis dari perangkat telekomunikasi kereta api yang menggunakan sistem half duplex. Kali ini, kita tidak akan mengkomparasikan antara radio lokomotif, radio rig, dan juga walkie talkie. Namun, saya akan menjelaskan apa itu radio lokomotif (dari apa yang sudah saya pelajari sampai saat ini, hehehe.)
Radio lokomotif, seperti namanya, terdapat di lokomotif. Radio ini berfungsi sebagai alat komunikasi antara masinis dengan PPKA maupun PK. Tombol-tombol pada radio lokomotif memiliki 5 warna yang berbeda. Masing-masing warna memiliki hierarki dan fungsi yang berbeda. Saya akan menjelaskan satu persatu.


Merah
tombol merah adalah tingkatan prioritas yang paling tinggi. Warna merah pada radio lokomotif digunakan sebagai tombol emergency. Jadi, ketika PPKA maupun PK mendapat panggilan prioritas "Emergency", maka PPKA/PK harus menerima panggilan tersebut dan meninggalkan panggilan lain yang difat prioritasnya berada dibawahnya. Pasti timbul pertanyaan, kenapa kok tombol merahnya ada dua? Jadi begini, ketika tombol merah hanya terdapat satu, maka besar kemungkinan terjadinya panggilan emergency akibat human error akan sering terjadi. Tapi jika tombol emergency memiliki dua tombol, maka itu juga akan mengurangi resiko human error/salah pencet, karena sifat dari tombol emergency adalah akan bekerja apabila kedua tombol ditekan secara bersamaan.

Kuning
selanjutnya tombol kuning. Tombol warna kuning disini berfungsi sebagai reset. Maksud dari reset disini adalah untuk mengakhiri panggilan. Jadi ketika masinis melakukan/menerima panggilan, maka untuk mengakhirinya adalah dengan menekan tombol warna kuning.

Hijau
Pada Tombol hijau terdapat tulisan PC. PC memiliki kepanjangan yaitu "Priority Call". Priority call memiliki hierarki dibawah tombol merah. Ketika masinis melakukan PC kepada PPKA/PK, maka jika sedang tidak ada emergency, panggilan yang paling pertama diterima haruslah PC.

Biru
Pada tombol biru terdapat tulisan RTS. RTS memiliki kepanjangan yaitu "Request to Speak". Hierarki prioritas warna biru berada tepat dibawah tombol hijau. Jadi, ketika ada panggilan dari masinis dengan menggunakan RTS, maka PPKA/PK harus menerima panggilan tersebut dan meninggalkan panggilan lain yang bersifat dibawah hierarki RTS/warna biru.


Hitam
Pada tombol hitam tertulis "alm cancel". Fungsi alm cancel yaitu membatalkan panggilan yang akan kita tujukan dengan maksud bahwa panggilan yang sebenarnya kita tujukan kepada PPKA/PK terkait suatu hal ternyata suatu hal tersebut sudah dalam kondisi baik/aman.
gambar 4. Radio Lokomotif


3.  Komunikasi Dua Arah Langsung
  • radio traindispatching
radio traindispatching, adalah perangkat komunikasi berikutnya yang menggunakan metode full duplex. Traindispatching ditempatkan di dalam ruangan, baik itu ruangan kendali pusat maupun ruangan PPKA. Radio ini menurut sepengetahuan saya juga dapat berungsi sebagai half duplex ketika traindispatching digunakan untuk berkomunikasi dengan masinis yang berada di kabin. Radio ini difungsikan untuk berkomunikasi dengan PK di pusat kendali (bagi PPKA), PPKA di stasiun (bagi PK), dan juga masinis di kabin(bagi PPKA & PK).


gambar 5. Traindispatching


MODUL HIMax

Modul HIMax adalah modul yang digunakan sebagai proccessor interlocking. modul ini menampung seluruh data masuk dan di distribusikan menuju peralatan baik itu persinyalan, telekomunikasi, maupun listrik di seluruh stasiun yang terhubung dengan modul HIMax tersebut. Saya pernah berkesempatan melihat wiring dari modul ini. (sangat sangat rumit :D).

gambar 6. Modul HIMax
Untuk lebih jelas lagi akan kami bahas transmisi data interlocking lebih dalam lagi pada artikel berikutnya.

Yaahh, mungkin sedikit penjelasan dari saya mengenai sistem telekomunikasi dari Kereta Api. Kalau mungkin ada dari beberapa penjelasan saya diatas yang masih belum benar, atau mungkin cenderung salah, mohon dikoreksi dengan meninggalkan komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan like dan share ke teman teman kalian. Thank you happy Reader.



sumber:
gambar 2
https://www.courts.com.sg/media/catalog/product/cache/74c1057f7991b4edb2bc7bdaa94de933/i/p/ip143982_00.jpg

gambar 4
https://scontent-bru2-1.cdninstagram.com/v/t51.2885-15/e35/12383489_947111172031417_1421933386_n.jpg?_nc_ht=scontent-bru2-1.cdninstagram.com&_nc_cat=101&oh=b7b2a192973ddf1f7e0b0192ec5254b6&oe=5E8C08ED&ig_cache_key=MTIwNDU5MzI5NTQ1ODk2NDExNQ%3D%3D.2


Sistem Telekomunikasi Kereta Api Sistem Telekomunikasi  Kereta Api Reviewed by dandy on Tuesday, January 14, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.